cover
Contact Name
Wiwit Damayanti Lestari
Contact Email
wiwitdamayantilestari@unwir.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
mathline@unwir.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kab. indramayu,
Jawa barat
INDONESIA
M A T H L I N E : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika
Published by Universitas Wiralodra
ISSN : 25025872     EISSN : 26223627     DOI : -
Core Subject : Education,
Mathline is published by Mathematics Education Department of Wiralodra University. Mathline publishes the research issues on mathematics, mathematics education, and could be experiment, research and development, or classroom action research. This Journal are bi-annual publication, on February and August.
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol. 5 No. 2 (2020): Mathline" : 8 Documents clear
Analisis Kelayakan Isi dan Penyajian Buku Matematika Smp Kelas 7 Materi Aljabar Jajang Rahmatudin; Rifqi Hidayat
Mathline : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol. 5 No. 2 (2020): Mathline
Publisher : Universitas Wiralodra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31943/mathline.v5i2.138

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk menyajikan analisis konten materi aljabar siswa SMP. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif, subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah buku matematika siswa SMP kelas VII semester 1 kurikulum 2013 revisi 2017. Berdasarkan analisis diperoleh kesimpulan bahwa dalam penyajian materi aljabar pada buku matematika siswa SMP kelas VII masih terdapat beberapa kekeliruan diantaranya: penyajian fakta, penyajian konsep dan penyajian prosedur.
Penggunaan Model Pembelajaran Teams Games Tournaments Berbantuan Ludo Math Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Berdasarkan Tingkat Disposisi Matematis Siswa Nur Khodijah; Sri Hartini; Wiwit Damayanti Lestari
Mathline : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol. 5 No. 2 (2020): Mathline
Publisher : Universitas Wiralodra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31943/mathline.v5i2.140

Abstract

ABSTRAK Tujuan Penelitian ini adalah untuk; (1) mengetahui perbedaan kemampuan pemahaman konsep berdasarkan Model Pembelajaran Teams Games Tournaments; (2) mengetahui perbedaan kemampuan pemahaman konsep berdasarkan tingkat disposisi matematis; (3) mengetahui interaksi antara Model Pembelajaran Teams Games Tournaments dan tingkat disposisi matematis. Penelitian ini merupakan penelitian penelitian eksperimen yang dilakukan di MTsN 2 Indramayu pada semester ganjil. Populasi penelitian ini adalah seluruh kemampuan pemahaman konsep dan tingkat disposisi matematis siswa kelas VII MTsN 2 Indramayu tahun pelajaran 2019/2020. Sampel diambil sebanyak dua kelas menggunakan cluster random sampling dengan cara diundi. Berdasarkan hasil analisis data menggunakan ANAVA Dua Jalan by level, diperoleh kesimpulan sebagai berikut: (1) Terdapat perbedaan Kemampuan pemahaman konsep pada model pembelajaran Teams Games Tournamnets (TGT) berdasarkan penggunaan Ludo Math dan tanpa penggunaan Ludo Math. (2) Terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep siswa kelompok tingkat disposisi matematis siswa tinggi dengan rendah. (3) Terdapat pengaruh interaksi (interaction effect).
Pengembangan Perangkat Pembelajaran Bangun Ruang Sisi Datar dengan Pendekatan Kontruktivisme berbasis Kemampuan Penalaran Matematis Ovi Destiana; Sumarni Sumarni; Nuranita Adiastuti
Mathline : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol. 5 No. 2 (2020): Mathline
Publisher : Universitas Wiralodra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31943/mathline.v5i2.152

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan proses pengembangan RPP dan LKS bangun ruang sisi datar dengan pendekatan kontruktivisme berbasis kemampuan penalaran matematis. Serta mendeskripsikan kevalidan dan kepraktisan RPP dan LKS yang telah dikembangkan tersebut. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model ADDIE yang terdiri dari lima tahap yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi, namun dibatasi sampai tahap pengembangan. Adapun validator dalam penelitian pengembangan ini adalah dua orang dosen dan satu orang guru matematika. Instrumen penelitian terdiri dari lembar validasi RPP dan LKS untuk mengukur kevalidan dan kepraktisan RPP dan LKS yang dikembangkan. Hasil penelitian menunjukkan kevalidan RPP dari pertemuan 1 hingga 4 rata-rata total validitas masing-masing sebesar 4,19; 4,19; 4,2 dan 4,2, dengan klasifikasi sangat valid. Artinya, RPP bangun ruang sisi datar dengan pendekatan kontruktivisme berbasis kemampuan penalaran matematis dari pertemuan 1 hingga 4 telah sesuai dengan perangkat pembelajaran berdasarkan Permendikbud no 22 tahun 2016. Sedangkan kevalidan LKS bangun ruang sisi datar dengan pendekatan kontruktivisme berbasis kemampuan penalaran matematis dari pertemuan 1 hingga 4 telah sesuai dengan komponen menurut Depdiknas. Berdasarkan pernyataan yang diberikan oleh tiga validator bahwa pada setiap pertemuan RPP dan LKS yang dikembangkan “dapat digunakan dengan sedikit revisi dan tanpa revisi” . Artinya telah memenuhi kriteria “praktis” jika digunakan di lapangan atau dalam pembelajaran.
Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Realistic Mathematic Education (RME) pada Materi Persamaan dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel Liza Gustin; Maila Sari; Rahmi Putri; Aan Putra
Mathline : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol. 5 No. 2 (2020): Mathline
Publisher : Universitas Wiralodra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31943/mathline.v5i2.154

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Realistic Mathematic Education (RME) pada materi Persamaan dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel. Penelitian ini menggunakan model pengembangan Plomp yang terdiri dari penelitian pendahuluan (preliminary research), tahap pengembangan (prototyping stage) dan tahap penilaian (assessment phase). Rancangan LKPD divalidasi oleh pakar dan diujicoba. Instrumen validitas menggunakan lembar validasi dan instrumen praktikalitas menggunakan angket respon guru dan angket respon peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKPD berbasis Realistic Mathematic Education (RME) yang dihasilkan telah memenuhi kriteria kualitas produk yang valid dan praktis. Rata-rata indeks validitas pada semua aspek adalah 0,797 dengan kategori valid, sehingga dapat direkomendasikan untuk digunakan dalam proses pembelajaran khususnya pada materi Persamaan dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel. Indeks rata-rata angket respon peserta didik adalah 84,478% dengan kategori sangat praktis dan indeks rata-rata angket respon guru adalah 87,222 % dalam penggunaan perangkat pembelajaran berbasis Realistic Mathematic Education (RME).
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENTS (TGT) PADA MATERI TRIGONOMETRI Lusi Siti Aisah; Ine Wicanti
Mathline : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol. 5 No. 2 (2020): Mathline
Publisher : Universitas Wiralodra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31943/mathline.v5i2.158

Abstract

Penilitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar matematika siswa yang mendapatkan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) pada materi trigonometri.Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuasi eksperimen dengan desain non-equivalent pretest and postest control group design. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Krangkeng. Pengambilan sampel dilakukan berdasarkan pertimbangan (sampling purposif).Sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 2 kelas, yaitu X-5 MIPA sebanyak 33 siswa sebagai kelas eksperimen dan X-6 MIPA yang berjumlah 33 siswa sebagai kelas kontrol. Dalam pembelajarannya, kelas eksperimen melakukan pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournaments (TGT) sedangkan kelas kontrol melakukan pembelajaran biasa (tidak menggunakan pembelajaran kooperatif tipe TGT). Perbedaan peningkatan rerata N-gain dianalisis menggunakan uji independent sample t test. Hasil analisis statistik menunjukkan bahwa pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournaments (TGT) dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa pada materi trigonometri.
Blended Learning: Kemampuan Berpikir Kritis, Self Concept, dan Mathematics Anxiety Pada Mata Kuliah Aljabar Abstrak Mellawaty Mellawaty
Mathline : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol. 5 No. 2 (2020): Mathline
Publisher : Universitas Wiralodra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31943/mathline.v5i2.160

Abstract

Artikel ini melaporkan studi mengenai kemampuan berpikir kritis matematis, self concept, dan mathematics anxiety calon guru matematika pada mata kuliah aljabar abstrak teori ring dengan penggunaan model pembelajaran blanded learning pada masa pandemi covid-19 di Indramayu, Jawa Barat. Pengumpulan data dilakukan dengan lembar kerja dan angket. 19 calon guru matematika terlibat selama penelitian. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa blanded learning mampu mempengaruhi kemampuan berpikir kritis matematis, self concep, dan matethematics anxiety calon guru matematika yang mengampu mata kuliah aljabar abstrak teori ring selama masa pandemi covid-19 di Indramayu, Jawa Barat. Adapun kesulitan yang dialami oleh calon guru matematika dalam pembelajaran blanded learning selama masa pandemi covid-19 di Indramayu, Jawa Barat, yaitu yang berkaitan dengan pembelajaran online dimana sampel terkendala oleh jaringan internet, kuota internet, serta kesiapan pelaksanaan proses pembelajaran dalam mata kuliah aljabar abstrak teori ring. Hal ini disebabkan karena sampel berasal dari keluarga menengah kebawah sehingga mereka terkendala biaya untuk kuota internet. Selain itu, 90% sampel berasal dari daerah Indramayu yang berbatasan dengan kabupaten disekitar, dimana akses jaringan internet masih sulit digunakan.
Proses Berpikir Kritis dan Kesalahan Peserta Didik Dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau dari Tipe Kepribadian Dominance-Influence Mega Herlinda; Aripin Aripin; Nurfadilah Siregar
Mathline : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol. 5 No. 2 (2020): Mathline
Publisher : Universitas Wiralodra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31943/mathline.v5i2.161

Abstract

Proses berpikir kritis dan kesalahan yang dilakukan oleh peserta didik berbeda-beda, hal tersebut dipengaruhi oleh kepribadian yang dimiliki setiap individu. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian terdiri dari empat subjek dengan tipe kepribadian yang berbeda di antaranya dua subjek dengan kepribadian dominance dan dua subjek dengan kepribadian influence. Analisis data yang digunakan terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Peserta didik dengan kepribadian dominance salah satun subjeknya belum memenuhi semua indikator tahapan proses berpikir kritis yaitu pada tahap klarifikasi, tahap asesmen, tahap inferensi, sedangkan pada tahap strategi kedua subjek belum memenuhi indikator proses berpikir kritis. Selain itu, pada saat memecahkan masalah peserta didik dominance melakukan kesalahan di antaranya kesalahan memahami masalah, kesalahan transformasi, kesalahan keterampilan proses, dan kesalahan penulisan jawaban. 2) Peserta didik dengan kepribadian influence memenuhi semua indikator proses berpikir kritis, namun pada saat memecahkan masalah peserta didik influence melakukan kesalahan di antaranya kesalahan keterampilan proses dan kesalahan penulisan jawaban. Jadi, diantara kedua kepribadian tersebut yang melalui semua tahapan proses berpikir kritis dan melakukan sedikit kesalahan sebesar 33,3 % dari tahapan yang seharusnya dalam memecahkan masalah yaitu peserta didik dengan kepribadian influence.
ANALISIS KESULITAN BELAJAR ABK (TUNA RUNGU) DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA Nungki Anditiasari
Mathline : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol. 5 No. 2 (2020): Mathline
Publisher : Universitas Wiralodra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31943/mathline.v5i2.162

Abstract

This study aims to determine the learning difficulties of students with hearing impairments in solving story problems using the role playing method and using problem solving learning according to Polya, namely: understanding problems, determining problem strategy plans, solving problem strategies, and checking the answers obtained to understand story question are seen from four aspects, namely understanding story problems, making mathematical models, computations, and drawing conclusions. The subject of this study used 2 ABK students. The data were collected by means of interviews, tests and documentations. Data analysis was carried and by drawing conclusions. Based on the results of the research students can understand story problems by applying role playing and problem solving methods, because learning becomes very fun and students can easily solve story problems. Based on the research results, students can understand story problems by applying role playing and problem solving methods, because learning becomes very fun and students can easily solve story problems. In addition, students experience some learning difficulties, namely difficulties in understanding the questions, difficulties in basic mathematical concepts, and difficulties in understanding the language that is conveyed.

Page 1 of 1 | Total Record : 8